Siaran Pers ASRRAT 2022

Untuk Diberitakan

Jakarta, 24 November 2022

National Center Sustainability Report (NCSR) kembali menggelar pemeringkatan laporan keberlanjutan tingkat Asia (Asia Sustainability Reporting Rating/ASRRAT) 2022 dengan mengangkat ekonomi sirkular sebagai tema utama yang bertajuk “Pathway to Circular Economy”. Penyerahan trofi berlangsung di Hotel The Westin, Jakarta, (Kamis 24/11) dan dihadiri oleh puluhan eksekutif perusahaan peserta ASRRAT 2022. Penghargaan yang telah berjalan selama 18 tahun ini juga diikuti oleh negara lain, yaitu, Bangladesh, Filipina, Australia dan Rusia.

Pada malam penyerahan trofi ini, Dr. Ali Darwin dan Chairman, Board of Trustee NCCR Prof Bambang Brojonegoro, Ph.D, meluncurkan nama dan logo baru NCSR yang kini berubah menjadi National Center for Corporate Reporting (NCCR).

“Saat ini, informasi keberlanjutan tidak hanya tercakup dalam laporan keberlanjutan yang berdiri sendiri, tetapi juga dapat dimasukkan dalam laporan keuangan tahunan atau laporan tahunan perusahaan. Selain itu, framework pelaporan keberlanjutan tidak hanya berdasarkan GRI tetapi juga dari berbagai organisasi lainnya, yang terbaru adalah dari IFRS Sustainability melalui IFRS Foundation”. Ali melanjutkan bahwa “Berdasarkan pertimbangan inilah, maka nama NCSR baru saja diubah menjadi NCCR, yang berarti bahwa kami tidak akan terlibat dengan laporan keberlanjutan saja tetapi lebih dari itu, yang mencakup semua jenis pelaporan perusahaan”.

Ketua NCCR, Dr. Ali Darwin mengatakan bahwa “Pathway To Circular Economy yang menjadi tema ASRRAT tahun ini merupakan rangkaian dari Sustainability Practitioners Conference (SPC) ke-7. Tema ASRRAT kali ini sangat relevan dengan upaya kita untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Lebih lanjut Ali menjelaskan “Pelaksanaan pembangunan berkelanjutan harus dikomunikasikan kepada publik melalui Laporan Keberlanjutan. Sejauh mana suatu entitas berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan serta pencapaian Kinerja ESG-nya, semuanya dapat dipertanggungjawabkan dalam laporan keberlanjutan”.

Dalam sambutannya, Chairman, Board of Trustee NCCR Prof Bambang Brojonegoro, Ph.D, mengatakan. “Menciptakan ekonomi sirkular adalah peluang bisnis di zaman kita. Ini memperkuat ekonomi lokal secara inklusif dan secara sosial. Lebih lanjut.Bambang menjelaskan “Ekonomi sirkular akan mendorong 4,4 juta penciptaan lapangan kerja bersih hingga tahun 2030, di mana 75% dari pekerjaan ini adalah untuk perempuan. Transisi ke praktik ekonomi sirkular akan meningkatkan PDB Indonesia sebesar Rp 593 – 638 triliun atau setara dengan 2,3 – 2,5 persen PDB pada tahun 2030”.

Namun, untuk mewujudkan hal ini, tentu saja memerlukan kerja sama yang ambisius dengan melibatkan pemerintah, perusahaan, masyarakat sipil, lembaga keuangan dan organisasi penelitian”, pungkas Bambang.

Di dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri ASRRAT 2022, Prof. Eko Ganis Sukoharsono, Ph.D, CSRA, mengatakan “Pandemi Covid 19 telah membawa banyak pelajaran bagi profesi Sustainability Practitioner . Berbagai solusi dan inovasi telah dikembangkan. Tiga tahun kita berada di masa Covid-19, inovasi yang mengejutkan hadir melalui standar baru GRI, yang disebut GRI Standards 2021”.

“Penilaian didasarkan pada tingkat kepatuhan pelaporan keberlanjutan terhadap Standar GRI. Kami melibatkan penilai dari sarjana independen dari 15 universitas di Indonesia, dan satu penilai dari University of Essex UK”, lebih lanjut Eko menjelaskan. NCCR memberikan empat peringkat laporan keberlanjutan, yaitu Platinum (tertinggi), Gold, Silver dan Bronze.

ASRRAT 2022 diikuti oleh 50 (lima puluh) perusahaan/organisasi. Sebanyak 10 (sepuluh) perusahaan meraih peringkat Platinum. Perusahaan tersebut adalah PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank BTPN Tbk, PT Indonesia Power, PT Bio Farma (Persero), PT Petrokimia Gresik, PHE ONWJ (Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) dan , PT Pupuk Kalimantan Timur.

Sedangkan laporan keberlanjutan peringkat Gold tahun ini diberikan kepada 32 perusahaan/organisasi.Perusahaan tersebut yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, LUKOIL (Rusia), PT Sarana Multigriya Finansial (Persero), PLN Nusantara Power, PT Cikarang Listrindo Tbk, PT Pertamina Drilling Services Indonesia, PT Indonesia Infrastructure Finance, PT Indo Tambangraya Megah Tbk, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT Perkebunan Nusantara X, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, BPJS Ketenagakerjaan, PT United Tractors Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Badak NGL, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT TIMAH Tbk, Bank Asia Limited (Bangladesh), Standards Bank Limited (Bangladesh) , PT Agincourt Resources, Meralco (Philippine), PT MRT Jakarta (Perseroda), Universitas Brawijaya, PT ABM Investama Tbk, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Kideco Jaya Agung.

Kemudian laporan keberlanjutan peringkat Silver tahun ini diberikan kepada tujuh perusahaan/organisasi sedangkan satu perusahaan memperoleh peringkat Bronze tahun ini.

Jika membutuhkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi Devi Samalanga Sekretaris National Center for Corporate Reporting ke email [email protected]

Download Press Release

Jadwal terdekat

No event found!

Program

Pelatihan GRI Standards

Global Reporting Initiative (GRI) adalah organisasi non-pemerintah yang mengembangkan dan menyebarluaskan Pedoman Pelaporan Keberlanjutan yang berlaku secara global. Panduan ini telah dikembangkan melalui proses multi-stakeholder yang menggabungkan partisipasi aktif dari bisnis, akuntansi, investasi, hak asasi manusia, penelitian dan organisasi tenaga kerja dari seluruh dunia.

Pelajari

Updates

  • Siaran Pers ASRRAT 2022

    November 25, 2022

    Untuk Diberitakan Jakarta, 24 November 2022 National Center Sustainability Report (NCSR) kembali menggelar pemeringkatan laporan keberlanjutan tingkat Asia (Asia Sustainability... Baca selengkapnya

  • Dorong Pembangunan Berkelanjutan, Tujuh Perusahaan Ini Masuk Peringkat Platinum

    November 21, 2021

    IDXChannel – National Center for Sustainability Reporting (NCSR) menggelar pemeringkatan laporan keberlanjutan tingkat Asia (Asia Sustainability Report Rating/ASRRAT) 2021. Pagelaran ini berlangsung secara... Baca selengkapnya

  • Assurance Services

    NCSR Assurance Service delivers confidence and ability in determining strategic direction by independently assessing an organization’s stated frameworks against their own stated performance.

    Program

    Pelatihan GRI Standards

    Global Reporting Initiative (GRI) adalah organisasi non-pemerintah yang mengembangkan dan menyebarluaskan Pedoman Pelaporan Keberlanjutan yang berlaku secara global. Panduan ini telah dikembangkan melalui proses multi-stakeholder yang menggabungkan partisipasi aktif dari bisnis, akuntansi, investasi, hak asasi manusia, penelitian dan organisasi tenaga kerja dari seluruh dunia.

    Tentang NCSR

    Sekilas tentang NCSR

    NCSR adalah organisasi independen pertama yang mengembangkan pelaporan keberlanjutan di Indonesia dan organisasi pertama yang memperkenalkan istilah “laporan keberlanjutan” di Indonesia.

    Pelajari

    National Center for Sustainability Reporting
    Buncit Town House Kav. 4
    Jl. Haji Sa'abun Taman Margasatwa
    Jakarta Selatan 12540
    Tel : +62 21 782 3524
    Fax: +62 21 782 3523

    ncsr.id
    ncsr_id
    ncsrindonesia
    National Center for Sustainability Reporting
     
    Need Help? Chat with us